Selasa, 16 April 2013

Bandara Pertama Di Indonesia

Hi kawan, salam Dirgantara Indonesia.
Pada tau nggk neh, Nama Bandara Pertama Di Indonesia??? Hayo, tau nggk???
Ok deh, kayaknya banyak yang belum tau yak. Kalo yang udah tau, syukur deh :D

Bandar Udara Kemayoran adalah bandara pertama di Indonesia yang di buka untuk penerbangan Internasional. Bandar Udara ini di bangun pada tahun 1934 dan secara resmi dibuka pada tanggal 8 Juli 1940. Walaupun pada tanggal 6 Juli 1940, Bandar Udara Kemayoran sudah mulai beroperasi kawan. Dan pesawat yang pertama kali melakukan pendaratan di Bandar Udara ini adalah Pesawat berjenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia - Belanda yang diterbangkan dari Lapangan Udara Tjililitan. Nah lo, pada tau nggk neh Lapangan Udara Tjililitan sekarang namanya apa? Lapangan Udara Tjililitan adalah Lanud Halim Perndanakusuma. Lanjut deh ke Bandar Udara Kemayoran .....hehhee

Bandara dengan kode JKT ini mulai berhenti beroperasi pada 1 Januari 1983 dan resmi berhenti beroperasi pada tanggal 1 Juni 1984. Sedangkan sejak tahun 1975, penerbangan Internasional dialihkan ke Halim Perdanakusuma. Pada tanggal 1 Januari 1984 untuk menggantikan Kemayoran dan Halim Perdanakusuma yang kemudian di gunakan  untuk Pangkalan TNI-AU & VVIP serta bandara sipil terbatas. Maka, lahirlah secara resmi Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ceritanya belum selesai sampai disini kawan :)
Pelaksanaan Pameran Dirgantara Pertama pernah diadakan di Bandar Udara Kemayoran, bertepatan dengan hari ulang tahun sang Raja Belanda nih. Lebih tepatnya, pada tanggal 31 Agustus 1940. Selain digelar pesawat-pesawat milik KNILM tidak ketinggalan pesawat-pesawat pribadi dari koleksi club aero di Batavia pada jaman itu.

Sekarang kita lihat yuk, foto-foto dari Bandar Udara Kemayoran tempo doeloe .....hehehee
















































Kalo sekarang seperti apa ya???
Yuk kita lihat :























Semoga nggak REPOST ya, Terima Kasih atas kunjungannya :)Kalo ada tambahan, silahkan........

3 komentar:

  1. mantap om gambarnya HD , btw super nice post

    BalasHapus
  2. tepat di ujung landasan di ancol itu sudah dibangun apartment yg tinggi banget. kebayang sekarang untuk pendaratan pesawat tempur dalam kondisi perang pun seperti biasa di desain utk jalan2 protokol di singapore gak akan mungkin pesawat itu bisa mendarat

    BalasHapus
  3. Anda tau marotai?? Coba liat sejarah, bagaimana perang dunia ke 2 dan pesawat" amerika bisa turun disana? Apakah tidak ada bandara?

    BalasHapus